Dunia Pendidikan
Hambatan Perkembangan Perpustakaan
Hambatan Perkembangan Perpustakaan

Sering kali sebuah instansi yang menginginkan perubahan dan berkembang, dalam konteks ini adalah perpustakaan, menjadi lebih baik harus menghadapi berbagai hambatan. Namun, hambatan-hambatan yang akan dihadapi seharusnya disikapi dengan bijak, tidak malah mematahkan semangat untuk mengadakan perubahan. Hambatan yang dihadapi malah justru dapat memotivasi para pustakawan dalam usaha mengembangkan perpustakaan. Semakin banyak tekanan yang ada akan membuat pustakawan lebih memutar otak untuk berinovasi mengadakan perubahan guna menghadapi semua hambatan-hambatan yang ada.

Hambatan yang sering pustakawan lakukan adalah berhenti ketika perpustakaan sudah berdiri. Kegiatan berlanjut untuk pengembangan sering dilupakan.

Biasanya dalam pembangunan perpustakaan selalu menyebutkan berorientasi pada pemakai. Namun apakah memang sungguh-sungguh mereka ditanyai dalam proses pembangunan perpustakaan tersebut? Bukankah proses pembangunan perpustakaan selama ini hanya berdasarkan asumsi saja, atas keperluan pemakai? Apakah proses pembangunan juga sudah selalu diikuti pembinaan dengan pembinaan agar apa yang telah dibangun dapat dipertahankan keadaannya dan dapat dikembangkan? Apakah langkah untuk tetap berkembang ini sudah direncanakan dalam perencanaan awal pembangunan suatu perpustakaan? Masih banyak pertanyaan yang sekiranya harus dijawab satu per satu. Perlu adanya perencanaan yang sangat matang untuk pembangunan perpustakaan agar nantinya hambatan yang terjadi akan dapat dihadapi karena telah terprediksi dari awal pembangunan perpustakaan sehingga proses pengembangan perpustakaan tetap berlanjut.
Promosi dan pemasaran perpustakaan yang kurang maksimal menjadi salah satu hambatan perpustakaan untuk berkembang. Sering kita mendapati pemakai sudah jarang bahkan tidak lagi memanfaatkan layanan yang telah disediakan oleh perpustakaan dengan alasan tertentu. Maka hal ini menjadi pekerjaan rumah perpustakaan untuk membuat perpustakaan selalu digunakan oleh pemakai secara benar. Promosi dan pemasaran diharapkan akan menjadi pilar untuk perpustakaan tetap ada dan berkembang.

Prioritas diberikan pada komponen yang paling mendukung targetpengembangan lembaga. Pertimbangan lain adalah ketersediaan dana yang dimiliki. (Dunia Pustaka, Trik dan Tips Konsep Praktis Pengembangan Perpustakaan:2010 )
Dana juga menjadi hambatan klasik yang dihadapi perpustakaan untuk berkembang. Belum semua perpustakaan memiliki dana cukup untuk mengadakan literatur, terlebih pada saat sekarang dengan semakin mahalnya harga buku membuat perpustakaan semakin sulit untuk berkembang.

SDM ( Sumber Daya Manusia ) dapat menjadi hambatan utama untuk berkembangnya perpustakaan. SDM yang tidak memiliki kualitas kompetensi (berdaya juang) akan membuat semakin lambatnya perkembangan perpustakaan, diam statis tidak ada pergerakan bahkan dampak terburuknya perpustakaan akan tutup.

Segala aspek dari perpustakaan pada dasarnya mempunyai potensi untuk menjadi penghambat untuk perpustakaan berkembang. Akan tetapi, tinggal bagaimana perpustakaan itu sendiri terlebih pustakawannya penyikapi hal tersebut. Apakah akan menjadikannya sebagai hambatan untuk susah berkembang atau malah sebaliknya, menjadikan hal tersebut sebagai pemicu pergerakan perpustakaan menjadi lebih baik.





Dunia Pendidikan Lainnya
Masih Perlukah Ujian Nasional?
Masih Perlukah Ujian Nasional?
Minggu, 20 November 2016 16:53 WIB
Ujian nasional atau UN adalah dimana para siswa atau siswi Sekolah Dasar (SD),Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) melakukan ujian terakhir mereka yang harus mereka tempuh untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.
​Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa
​Pendidikan Karakter Untuk Membangun Bangsa
Minggu, 20 November 2016 16:42 WIB
Pendidikan adalah hal yang sangat dianggap penting di dunia, karena dunia butuh akan orang-orang yang berpendidikan agar dapat membangun Negara yang maju. Tapi selain itu karakter pun sangat diutamakan karena orang-orang pada zaman ini tidak hanya melihat pada betapa tinggi pendidikan ataupun gelar yang telah ia raih, melainkan juga pada karakter dari pribadi dari setiap orang.
Buku Sumber Ilmu yang Tak Pernah Kering
Buku Sumber Ilmu yang Tak Pernah Kering
Minggu, 20 November 2016 16:51 WIB
uku merupakan sumber ilmu yang tak pernah kering sepanjang masa. Dari waktu ke waktu manusia haus akan ilmu, karena itu mereka membacanya untuk memuaskan rasa keinginan tahuannya terhadap lingkungan disekitarnya. Bahkan orang-orang menyebutnya adalah jendela dunia, karena seluruh informasi-informasi di dunia terangkum menjadi satu didalam sebuah buku yang dapat dibaca kapanpun dan dimanapun berada.